Ini dia Alasan Smartfren Stop Proyek Smartphone Andromax

Jajaran handset Andromax yang sudah memandu Smartfren sepanjang sepak terjangnya sebagai operator seluler CDMA sampai 4G LTE bakal dihentikan pada pertengahan 2019 akan datang.

Penghentian Andromax tidak tanpa alasan. Vice President Technology Relations and Special Project Smartfren, Munir Syahda Prabowo mengungkapkan bahwa keputusan untuk tak melanjutkan Andromax diambil lantaran Smartfren memandang tugasnya telah finish.

Munir bercerita, Andromax dahulu tercetus pada 2010, dikala Smartfren jadi operator CDMA terbesar di Indonesia setelah merger Smart Telecom dengan Mobile-8. Cek pula informasi seputar sinyal smartfren gsm hilang.

Ketika itu, tidak terdapat banyak handset di pasaran yang mensupport teknologi jaringan CDMA Smartfren sehingga sang operator merasa perlu langkah tambahan untuk menunjang pertumbuhan customer di jaringannya.

"Untuk sosialisasi CDMA dengan lebih kencang, karenanya Smartfren masuk ke ranah handset, melewati kemitraan strategis dengan para rekanan pemanufaktur perangkat," ujar Munir.

Kemunculan Andromax ternyata tepat sasaran menaikkan pangsa pasar serta pelanggan Smartfren. Sampai kemudian, pada 2015, Smartfren memastikan untuk hijrah dari teknologi CDMA yang pengembangannya sudah mandek, ke 4G LTE (GSM).

Saat hendak beralih menuju 4G LTE itu pun, di pasaran belum banyak tersedia handset 4G LTE, secara khusus yang menunjang frekuensi 4G TDD Smartfren di pita 850 MHz serta 2.300 MHz.

"Jasa" Andromax kembali dibutuhkan, supaya mempermudah pelanggan CDMA berpindah ke 4G LTE, sekalian mencegah mereka beralih ke operator lain.

"Handset yang support band 4G yang pantas dengan Smartfren ketika itu terbatas. Kami memang unik, pakai band 5 (850 MHz) dan 40 (2.300 MHz). Operator lain kebanyakan band 1 (2.100 MHz) dan 3 (1.800 MHz), Berkeinginan tak berharap, Smartfren tetap mengeluarkan seri Andromax untuk mensupport perkembangan pelanggan 4G LTE," kata Munir.

Sebagian tahun berjeda, kondisi pasar berubah. Kini sudah banyak beredar perangkat handset multi-band LTE dari seluruh segmen harga yang sesuai dengan teknologi jaringan 4G Smartfren, termasuk VoLTE.